Guru relawan

  • PDF

Guru relawan 1000guru adalah siapa saja yang setuju dengan semangat, prinsip dasar, dan tujuan gerakan 1000guru dan berkeinginan untuk membagikan pengetahuan dan pengalamannya, untuk mensukseskan program-program 1000guru.

Seorang guru relawan dapat berkontribusi dengan alternatif-alternatif sebagai berikut:

  • Menjadi guru relawan kuliah jarak jauh.
  • Membuat rekaman audio-visual perkuliahan untuk disimpan di e-perpus (perpustakaan elektronik) 1000guru dan disebarluaskan ke daerah-daerah yang kekurangan guru.
  • Membantu supervisi karya-karya siswa yang ditempel di e-mading.
  • Menjadi guru relawan off-line, dengan melakukan kunjungan darat ke sekolah-sekolah.
  • Membantu berjalannya program-program 1000guru yang lain sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Prinsip Dasar

Prinsip dasar dari gerakan 1000guru adalah “pendidikan yang membebaskan”. Pendidikan yang membebaskan menganggap anak didik bukan sebagai objek pasif dari indoktrinasi, tapi sebagai subjek pembelajaran yang secara aktif tumbuh merdeka. Tugas pertama dari pendidikan adalah membebaskan anak didik dari belenggu-belenggu negatif yang membatasi kreativitas anak untuk tumbuh, yang terekam baik dalam perilaku verbal maupun non-verbal. Tugas pendidikan yang berikutnya adalah menjadi teman diskusi bagi anak didik untuk secara proaktif membuat pilihan-pilihan secara bertanggung jawab. Kita mengharapkan tumbuhnya generasi muda yang bisa berpikir kritis dan merdeka (terbebas dari belenggu bahasa), berwawasan dan berkualitas global (terbebas dari belenggu ruang), dan selalu belajar dari sejarah serta kreatif berimajinasi jauh untuk masa depan (terbebas dari belenggu waktu).

Tujuan

Tujuan umum gerakan 1000guru:

  1. Memediasi siapa saja yang ingin membagi pengetahuan serta pengalaman profesional atau pengalaman hidup dengan guru dan siswa di sekolah menengah.
  2. Membagi mimpi, membangkitkan semangat dan motivasi siswa sekolah.
  3. Memberikan dukungan, baik mental maupun material, bagi para guru, dengan harapan menaikkan posisi struktural maupun kultural guru di tengah-tengah sistem masyarakat.
  4. Membantu percepatan penyetaraan level pendidikan dalam skala global.

Program 1000guru

  1. Menyampaikan kuliah jarak jauh oleh guru relawan 1000guru kepada para siswa dengan memanfaatkan teknologi konferensi jarak jauh.
  2. Membantu melakukan supervisi jarak jauh pada karya-karya siswa lewat fasilitas mading.
  3. Membantu dan memberikan konsultasi pada para guru dalam hal bahan dan metode pengajaran.
  4. Membuat perpustakaan elektronik (e-perpus) yang berupa dokumentasi audio-visual perkuliahan, dan video-video dokumenter yang lain, yang hard copy-nya bisa disebarluaskan di daerah-daerah tertinggal.
  5. Membantu menghubungkan sekolah-sekolah di Indonesia dengan sekolah-sekolah di luar negeri.
  6. Mengadakan kunjungan darat guru relawan 1000guru ke sekolah 1000guru.
  7. Mengembangkan program-program lain.
You are here: