Terasa Berbeda Ketika Belajar Online

  • PDF

alt

Pada hari senin tanggal 26 November 2012, kami dihebohkan dengan metode pembelajaran baru. Di SMP ALAM Banyuwangi Islamic School yang biasanya menggunakan metode bertatap muka dan game, pada hari ini secara live menggunakan media telekonference atau pembelajaran jarak jauh. Tidak tanggung – tanggung, tutornya pun langsung dari belanda. Pada kegiatan ini, para siswa diajak untuk langsung berdiskusi dan sharing dengan tutor dari belanda secara live selama kurang lebih dari 2 jam. Pada beberapa sesi terdengar gurauan anak anak dengan tutor yang menandakan bahwa jarak antar negara bukan lagi penghalang dalam belajar dengan tutor diluar negeri.

Tema yang dibawa pada pertemuan kali ini adalah tentang Mengapa belajar bahasa asing (Inggris) dan bagaimana memperoleh informasi  serta langkah-langkah memperoleh beasiswa ke luar negeri ? mas Kurniawan Saefullah selaku tutor kami memberikan materi tentang Prinsip Dasar : 5 W 1 H.


> What?
>>> Apa yang ingin saya ketahui?
> Why?
>>> Mengapa bahasa dan beasiswa studi LN ingin/ penting saya ketahui?
> Who(m)?
>>> Siapa yang ingin mengetahui/kepada siapa saya bisa memperoleh pengetahuan tersebut?
> Where?
>>> Dimana saya dapat memperoleh pengetahuan tersebut?
> When?
>>> Kapan saya memerlukan pengetahuan tersebut?
> How?
>>> Bagaimana cara memperoleh pengetahuan tersebut dan bagaimana menindaklanjutinya?


Materi selanjutnya adalah tentang Mengapa  saya belajar bahasa Asing (Inggris)?

  • Untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda
  • Untuk berkomunikasi secara luas (formal maupun informal)
  • Untuk memperoleh kesempatan hidup yang lebih baik

Alasan praktis untuk berbahasa Asing (Inggris)

  • Mudah bergaul – jika lingkungan pergaulan mensyaratkan bahasa tertentu
  • Mudah bekerja – jika tempat bekerja mensyaratkan bahasa asing tersebut
  • Mudah bersekolah – jika sekolah yang dituju mensyaratkan bahasa tertentu

dan tidak juga diabaikan...

  •  Mudah berjodoh – jika calon mertua yang dituju mensyaratkan bahasa tertentu pada sang calon mantu.. :)

Beliau juga memberikan Kiat-kiat praktis belajar Bahasa Asing (Inggris) di luar sekolah antara lain :

  • Ciptakan/gunakan orang-orang dan lingkungan yang ada di sekeliling kita sebagai media untuk saling belajar. (Guru, teman, keluarga, TV, radio, MP3 player, bahkan pepohonan bisa menjadi teman belajar)
  • “Keberhasilan belajar tidak sekedar ditentukan oleh apa yang dipelajari, namun kondisi yang mendukung terjadinya proses belajar”
  • Praktikkan apa yang dipelajari langsung bersama keluarga dan teman-teman. Jika perlu, bentuk kelompok khusus di luar sekolah.
  • Targetkan untuk menambah perbendaharaan bahasa setiap hari dan gunakan sesering mungkin dengan apa/siapa yang ada di sekeliling kita.
  • Tambahkan terus pengetahuan bahasa dan keahlian bahasa kita melalui media-media berbahasa tertentu yang tengah kita pelajari.
  • Bahasa bukan sekedar pengetahuan (knowledge), namun juga keahlian (skills). Keahlian akan semakin terasah jika sering digunakan -> practice makes perfect!

Diakhir sesi terdapat aktifitas tanya jawab antara siswa SMP ALAM dan Narasumber :

Diantaranyanya ada salah satu siswa (Ms Lucky, Banyuwangi) yang tertarik mengetahui dan mengikuti beasiswa keluar negeri.  Ada juga siswa (Ms Vicka, Surabaya) yang menanyakan kiat-kiat berbahasa asing karena akan melanjutkan sekolah lanjutan ke Singapura.

Dari rangkaian kegiatan diatas dan antusias para siswa mengikuti kegiatan, bisa dipastikan kegiatan ini akan terus eksis dan pihak sekolah akan mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut. Kami berharap kerjasama ini tidak hanya sekedar belajar online saja, tapi lebih jauh lagi seperti tukar pelajar, pengiriman siswa keluar negeri, update informasi beasiswa, pelatihan guru keluar negeri. Dan lain sebagainya.

You are here: