Telekonferensi Bandung-Belanda-Jepang : Belajar Tidak Mesti Di Kelas

  • PDF

imageTelekonferensi pada bulan Maret 2013 ini dilakukan oleh tim 1000guru.net bekerja sama dengan SMK Nur Madinah Bandung. Telekonferensi yang diikuti oleh siswa/i kelas 2 dan 3 SMK Nur Madinah ini dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2013. Telekonferensi ini dilakukan dengan memanfaatkan media Skype. Pada awal acara terjadi gangguan koneksi, Tetapi, berkat kesigapan panitia masalah jaringan teratasi. Alhamdulillah telekonferensi yang dilakukan antara Indonesia, Belanda dan Jepang berjalan dengan baik hingga seluruh sesi telekonferensi berakhir.


Sesi pertama telekonferensi kali ini diisi oleh Mbak Erlinda Cahya Kartika, seorang dosen Universitas Muhamdiyah Sumatera Barat yang sedang melanjutkan sekolah paska sarjananya di Wageningen University, Belanda. Tema yang disampaikan oleh Mbak Erlinda Cahya Kartika adalah motivasi yang bertujuan untuk menyemangati siswa/i kelas 2 dan 3 yang akan mengikuti ujian sekolah pada tanggal 18 Maret 2013. Sesi motivasi ini disambut dengan antusias para peserta telekonferensi. Pada saat sesi pertanyaan ada beberapa peserta yang bertanya terkait dengan sekolah mereka. Di antaranya adalah bagaimanakah cara mengatasi kejenuhan dalam belajar?, bagaimanakah cara mendapatkan beasiswa dan bagaimanakah caranya supaya kita bisa menikmati belajar? Semua pertanyaan ini dijawab oleh narasumber dengan gamblang dan memuaskan para penanya. Bahkan, para penanya ini akan mendapat kiriman kartu pos dari Belanda.

Sesi kedua yang berjudul Internet Sehat diisi oleh Mas Yan Aryanto, seorang pakar internet dari Yayasan Center for ICT Studies (ICTWATCH) yang sedang menimbah ilmu tentang kebijakan publik di University of Tsukuba, Jepang. Pada sesi ini, Mas Yan memaparkan bagaimana seharusnya kita menggunakan internet secara sehat. Bagi siswa/i setingkat SMU/SMK di tengah derasnya arus informasi melalui internet saat ini, adalah hal yang penting untuk membekali para siswa/i tersebut dengan pengetahuan yang layak tentang cara bijak berteman dengan internet. Di sesi kedua ini, materi yang disampaikan oleh Mas Yan juga disambut dengan antusias oleh seluruh peserta. Pada saat sesi tanya jawab berlangsung, ada beberapa pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber. Pertanyaan-pertanyaan itu adalah bagaimana keadaankah di jepang?, kalau mau sekolah di jepang apa yang harus dipersiapkan?, kalau mau sekolah di LN dan belum bisa bahasanya bagaimana caranya?, jika kuliah di Jepang, dosennya menjelaskan dengan menggunakan bahasa Jepang atau bahasa Inggris?, bagaimanakah cara menangkap pelajarannya kalau belum bisa bahasa jepang?, bagaimanakah caranya supaya mudah menangkap pelajaran jaringan?, bagaimanakah caranya supaya mudah menuangkan apa yang kita pikirkan dalam bentuk tulisan?, bagaimanakah caranya mempermudah memahami apa yang dijelaskan guru?, apakah di Jepang hitung-hitungan seperti itu juga pakai bahasa Jepang?

Pihak sekolah SMK Nur Madinah juga menyambut positif penyelenggaraan telekonferensi ini. Melalui penanggungjawab kegiatan telekonferensi yang ditunjuk oleh SMK Nur Madinah, Bapak Agung Rachmat, apresiasi positif disampaikan oleh SMK Nur Madinah kepada kedua narasumber dan tim 1000guru.net. Bapak Agung Rachmat juga menyampaikan ke tim 1000guru.net bahwa dengan mendengarkan materi motivasi dari pembicara yg sedang kuliah di luar negri, ada beberapa siswa yang termotivasi untuk belajar di luar negeri. Selain itu, pihak sekolah juga berharap semoga kegiatan telekonferensi ini bisa dilaksanakan lagi di kemudian hari.

Febty

Chiba, Maret 2013

You are here: