TIK dalam Kurikulum 2013: Sebuah Gagasan Ambisius

  • PDF

tele 2Bagaimana peran teknologi dan informasi dalam pengembangan budaya? Sebuah pertanyaan sederhana yang keluar dari seorang siswa kelas X ketika sedang berlangsung telekonferensi antara siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan Pak Hery The, Instructional Designer (Graduate Assistant) at Center for Language & Technology, University of Hawai'i at Manoa (http://www.linkedin.com/in/herythe), narasumber dari komunitas 1000guru.net (http://www.1000guru.net/). Pertanyaan ini sangat diapresiasi oleh narasumber karena muncul dari seorang siswa yang notabene masih kelas X. Selama ini kita takjub dengan kehadiran teknologi informasi. Teknologi Informasi dan komputer yang selanjutnya disingkat TIK seolah-olah sebuah makhluk baru yang bakal menggerus akar budaya. Hadirnya internet menakjubkan penduduk bumi sehingga tidak ada lagi batas negara, bangsa, dan budaya. Dunia seolah hanya sebuah desa yang saling berhubungan meski jaraknya sangat jauh.

Dengan tidak adanya batas budaya, kita hampir kehilangan identitas diri. Begitu mudah dan singkatnya budaya K-Pop masuk dan merajai bumi kita, sampai saya sungguh takjub ketika pada suatu malam ketika saya menonton bioskop di studio XXI di Yogyakarta. Mungkin hal ini terjadi karena saya sudah amat lama tidak menonton bioskop. Saya mengira kok banyak sekali artis Korea nonton bioskop di sini. Perempuan-perempuan muda maupun perempuan setengah tua berkostum sangat Korea tidak ketinggalan dengan gaun, tas, sepatu, dan aksesoris ber-merk serta model rambut khas Korea dengan warnanya yang bermacam-macam tiba-tiba muncul di depan mata saya. Setelah saya mengamati benar-benar baru sadar bahwa mereka adalah perempuan Indonesia asli. Namun, kostum, riasan, dan asesoris mereka meniru perempuan-perempuan cantik yang mereka biasa lihat di televisi.

tele 3

Dengan fenomena tersebut, sungguh membanggakan pertanyaan siswa tentang pemanfaatan TIK dalam pengembangan budaya. Isu tentang TIK ini diangkat dalam presentasi kelas melalui telekonferensi dengan komunitas milis 1000guru.net karena penghapusan mata pelajaran (mapel) TIK pada tingkat satuan SMA perlu disikapi. Mengingat pentingnya peran TIK dalam kehidupan kita di masa sekarang, perlu bagi kita memahami lebih jauh apa tujuan pemerintah menghapus mapel ini. (iAERN-Rohmatunazillah)

tele 4

Seorang siswi sedang bertanya

tele 5

Seorang siswa sedang bertanya

tele 6

Slide presentasi

You are here: