Motivasi Belajar Keras, Tuntas dan Cerdas Untuk Memperoleh Kesempatan Sekolah ke Luar Negeri

  • PDF

Telekonferensi SMAN 1 Karangpandan

Telekonferensi (Telco) perdana antara SMAN 1 Karangpandan dan 1000guru.net berlangsung pada hari Selasa, 17 Desember 2013, bertepatan dengan dilaksanakannya kegiatan Pentas Seni (Pensi) di SMAN 1 Karangpandan. Kegiatan yang dihadiri oleh duo Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar yang baru saja dilantik, Bapak Juliyatmono Bapak Rohadi Widodo, menempati salah satu ruang kelas di SMA yang berada di kaki gunung Lawi tersebut. Telco yang dimulai sekitar pukul 08.30 WIB dibuka resmi oleh Bapak Nur Hidayat, Kepala SMAN 1 Karangpandan, dilanjutkan dengan dialog yang dilakukan oleh Bapak Juliyatmono dengan nara sumber Ibu Dyah A Inayati, PhD dari 1000guru.net, yang saat ini berdomisili di Jerman. Di akhir dialognya, Bupati Karanganyar menegaskan bahwa ia amat mengapresiasi kegiatan serupa untuk dilaksanakan kembali sebagai salah satu sarana pemanfaatan kecanggihan teknologi informasi yang diharapkan mampu memotivasi dan membuka pikiran siswa.

Siswa peserta yang hadir dalam acara telekonferensi kali ini berasal dari perwakilan kelas X, XI, dan XII yang berjumlah sekitar 30 orang. Tema yang dipilih adalah urgensi pembangunan motivasi belajar untuk memperoleh kesempatan belajar di luar negeri.

Nara sumber di telco perdana SMAN 1 Karangpandan, Ibu Dyah A Inayati, PhD, adalah ahli gizi dan nutrisi yang sudah lama menetap di Jerman sejak masa graduate course-nya dari tahun 1998. Setelah pendidikan S1 nya di Universitas Indonesia, Ibu dari 2 putera dan 1 puteri ini menjalani pendidikan lanjut S2 dan S3 nya di Jerman dengan pendalaman bidang nutrisi dan nutrisi populasi. Di tempat beliau bermukim, ia aktif menjadi Independent Health and Nutrition Advisor, Food Auditor, dan Senior Project Officer di salah satu NGO. Narasumber juga aktif menjadi volunteer di beberapa kegiatan kemasyarakatan di sana. Selain itu, beliau juga aktif di tanah air sebagai Associate Researcher di Pusat Kajian Kesehatan dan Gizi Universitas Indonesia serta turut aktif pula menjadi salah satu Expert Team di theurbanmama.com, yang dimotori oleh Ninit Yunita, salah satu novelist populer di tanah air. Perjalanan panjang beliau selama 16 tahun hidup dan belajar di luar negeri diharapkan dapat menjadi pengalaman yang berharga untuk dibagikan kepada siswa-siswi SMAN 1 Karangpandan

Pada telco kali ini, narasumber menyampaikan materi dalam bentuk power point tentang tema motivasi. Definisi motivasi, kaitan motivasi dan IQ, urgensi motivasi belajar yang “keras”, “cerdas”, “tuntas” hingga strategi pribadi nara sumber dalam meningkatkan motivasi belajar diutarakan dalam presentasi beliau. Narasumber juga menekankan bahwa ada banyak cara untuk mencapai kesuksesan. Namun semua itu harus diperjuangkan karena hidup memiliki resiko atas apapun pilihan yang diambil dan tantangan yang dijalani. Karenanya, kemampuan memotivasi diri adalah hal yang penting dimiliki agar kita selalu punya semangat untuk tetap konsekuen di jalan yang telah kita pilih dan selalu berusaha melakukan terbaik dalam hal apapun. Terkait dengan kesempatan studi di luar negeri, beliau menekankan bahwa “kesuksesan” belajar dan berkarir di luar negeri amat ditentukan dengan kesiapan karakter pribadi yang dimiliki seorang individu. Karenanya narasumber berpendapat bahwa studi di luar negeri mungkin tidak selalu menjadi pilihan terbaik untuk setiap orang. Studi di luar negeri tanpa persiapan yang memadai bahkan menurut beliau malah dapat menjadi buah simalakama yang mampu menjauhkan seseorang dari mimpi-mimpi yang telah ia bangun sebelumnya.

Walaupun tema telco kali ini lebih terfokus pada urgensi pembangunan motivasi, sesi tanya-jawab yang ada ternyata tidak hanya terbatas pada tema tersebut. Pertanyaan seputar Jerman seperti sistem pendidikan, karakteristik positif masyarakat bahkan sapaan sederhana dalam bahasa Jerman juga menghiasi sesi tanya-jawab yang memakan waktu sekitar 1,5 jam ini. Tak hanya itu, pengalaman pribadi narasumber dalam menjalani studi dan kehidupan di Jerman juga tak luput ditanyakan oleh para siswa dan beberapa staf pengajar SMAN 1 Karangpandan yang hadir dalam pelaksanaan telco tersebut.

Walau telco perdana kali ini sempat dihiasi beberapa gangguan koneksi internet, namun menurut Bapak Nurhidayat pelaksanaan event ini dapat terbilang sukses karena tujuan dari diadakannya telekonferensi ini dapat tercapai, yaitu memberikan motivasi kepada para siswa untuk meraih kesuksesan. Beliau juga menegaskan bahwa sekolahnya akan menggunakan kecanggihan teknologi virtual ini sebagai salah satu strategi pembelajaran baru dengan mengundang para pakar di luar negeri untuk berbagi pengalaman dan ilmu.

Semoga telco kali ini dapat memberikan inspirasi pada para siswa yang hadir agar mampu memotivasi diri untuk belajar lebih giat dan berbuat yang terbaik sehingga harapan terbentuknya generasi masa depan Indonesia yang unggul dan membawa manfaat untuk alam semesta dapat tercapai.

You are here: