Memotivasi dalam Belajar - Ririn Yuniasih Educational Psychology and Counseling, Indiana University, USA

  • PDF

Saya sangat berterima kasih kepada mbak Yoga yang telah membantu kami mengenalkan jaringan 1000 Guru, bahkan sampai berkenan datang ke Pati disela-sela kesibukannya. Sehingga saya dapat berkangen ria dan "curhat" mengenai permasalahan yang kami hadapi di sekolah maupun di tempat kursus To be Smart Pati, dimana kami membuat kegiatan bersama teman-teman. Dari situlah kami diperkenalkan dengan Mbak Ririn Yuniasih Yuniasih Educational Psychology and Counseling, Indiana University, USA. Yang berkenan memberikan pencerahan dan penguatan bagi kami dalam menghadapi anak.

Saya memakai istilah "pencerahan" dan "penguatan" karena dari pengalaman mbak Ririn yang dibagikan mengenai kesulitan dalam belajar, jenis kesulitan anak, strategi penanganan,memberikan wacana baru bagi kami yang selama ini kami hadapi dan kadang bingung mau share kepada siapa. Dan menguatkan kami karena ternyata banyak teman-teman yang mau membantu kami melalui Milis 1000 Guru. Harapan kami, di To be Smart kami dapat mendampingi anak-anak lebih intensif dengan melihat kesulitan belajar mereka. Karena kami membagi menjadi kelompok-kelompok kecil. Tiap-tiap kelompok berjumlah 10 anak.

Selanjutnya kami mencoba membuat agenda lanjutan, menurut saya ini sangat baik untuk dibagikan juga kepada teman-teman di Pati, dan Mbak Ririn berkenan menyambut baik akan hal tersebut, bahkan memberikan waktu bagi kami tgl 6 Pebruari 2011. Kebetulan ada reuni teman-teman IKIP PGRI di rumah saya. Kami alumni IKIP PGRI angkatan 2003 PBS Inggris berjumlah 23 orang, tapi yang aktif 16 orang. Terdiri dari guru, kepala sekolah dan instruktur di LKP Pati

Memang, memulai untuk menceritakan tentang telekonferensi dengan teman-teman agak susah. Sebab, hal ini belum pernah dilakukan, jadi belum ada gambaran. Dan mengingat selisih waktu 12 jam tersebut, yang membuat kami juga agak kesulitan untuk berkumpul tepat jam 9 pagi. Tanggal 6 Pebruari 2011 kota Pati diguyur hujan deras dan petir, dari jam 5 pagi sampai hampir jam 09.30 WIB. Jam 09.00 Saya mencoba untuk uji sinyal dengan mbak Ririn dan mbak Yoga. Dengan mbak Yoga gambar memang kurang bagus, tetapi dengan mbak Ririn hasilnya bagus. Sehingga saya optimis pasti nanti berjalan lancar.

Saya sudah janjian dengan Mbak Ririn untuk bertelekonferensi jam 09.00 tepat, tetapi karena masih banyak yang belum datang, maka saya mencoba tawar menawar dengan mbak Ririn. Sehingga Jam 10.05 telekonferensi dengan mbak Ririn siap dimulai. Saya mencoba memperkenalkan Jaringan 1000 Guru kepada teman-teman. Dan mbak Ririn memkenalkan diri dan mengenalkan materinya sampai halaman 5. Setelah itu telekonferensi mulai terputus-putus. Mbak Ririn juga menginformasikan kalau di Bloomington sedang turun salju. Karena cuaca yang tidak bersahabat, kami berbincang-bincang sekitar 30 menit. Meskipun hanya sebentar, tetapi telah memberikan gambaran bagi teman-teman tentang Milis 1000 Guru dan bagaimana bertelekonferensi.

Acara kami lanjutkan dengan membahas materi yang telah dikirimkan mbak Ririn tentang Motivasi dalam Belajar. Teman-teman sangat antusias, bahkan meminta waktu untuk diadakan lagi. Rencana pada bulan Maret. Kami belum sepenuhnya menghiyakan sebab, bulan Maret merupakan bulan-bulan sibuk dimana anak kelas VI dan IX menghadapi Try-out. Yang pasti saya sangat senang melihat antusias teman-teman. Apalagi mereka adalah guru, kepala sekolah, bimbingan konseling artinya bahwa setiap hari mereka bergelut dengan dunia anak. Pemahaman yang benar akan memberikan perubahan yang baik. Meskipun sulit untuk mengadakan perubahan tersebut, tetapi setidaknya ada secercah sinar yang boleh dijadikan bekal untuk menjadi semangat perjuangan perubahan.

Dukungan dan bantuan mbak Yoga dan mbak Ririn bahkan teman-teman di Milis 1000 Guru sangat kami harapkan. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua. Teman-teman di Milis 1000 Guru tetap semangat dalam berkarya.

 

Salam dari Pati,/p>

Nanikå

 

You are here: