Graphite Mengambang bisa digerakkan dengan Cahaya

  • PDF
Mengambang karena magnet telah dipelajari dan didemonstasikan oleh ilmuwan dari kereta hingga kodok. Namun, mengontrol benda yang mengambang karena magnetik menggunakan energi atau pengaruh kerja di luar sistem magnetik belum ada. Sekarang sekelompok ilmuwan telah mempelajari mengontrol gerakan disk graphite Maglev yang mengambang karena magnet menggunakan cahaya laser.
Dengan mengubah suhu disk graphite Maglevnya, cahaya laser dapat mengubah ketinggian disk tersebut dan mengontrol gerakannnya termasuk arahnya. Cahaya laser atau cahaya matahari juga dapat mengontrol gerakan rotasinya hingga 200 rpm. Dr. Masayuki Kobayashi dan Professor Jiro Abe dari Universitas Aoyama Gakuin, Kanagawa, Jepang baru saja mempublikasikan hasil penelitiannya ini di di Journal of the American Chemical Society. 
Penelitian ini membuka jalan untuk mewujudkan teknologi transportasi yang baru di masa depan. Ini juga menunjukkan pola konversi baru dari energi yang tentu bisa dimanfaatkan di dalam berbagai teknologi untuk kesejahteraan umat manusia. Masih banyak penemuan-penemuan baru yang akan terjadi di masa depan. Maukah anak-anak Indonesia menjadi salah satu bagian dari mereka?
You are here: