Pembuatan Light-Emitting Transistor Berbahan Kristal Tunggal Organik

  • PDF

Salahsatu material laser yang saat ini menarik perhatian para peneliti adalah semikonduktor organik. Kebanyakan dari material ini memiliki sifat fleksibel seperti plastik. Semikonduktor organik diharapkan bisa mengkombinasikan variasi bentuk dan kemudahan proses manufaktur yang dimiliki plastik dengan sifat optoelektronik yang diinginkan, seperti efisiensi yang tinggi dalam menghasilkan cahaya, sumber cahaya hemat energi, intensitas cahaya yang kuat, dan keberagaman warna dari cahaya yang dipancarkan. Tantangan terbesar bagi material ini adalah bagaimana untuk menciptakan laser berbasiskan semikonduktor organik (OSL) yang dibangkitkan langsung oleh arus listrik. 

Keberadaan OSL akan memberikan sebuah kelas baru dari laser yang nyaman, mudah dibuat, dan beraneka warna. OSL yang dipompa secara optik, yaitu dengan disinari cahaya ultraviolet telah didemonstrasikan sejak akhir 1960an. Akan tetapi, hingga kini belum ada OSL yang dipompa langsung secara elektrik. Topik ini adalah salahsatu tantangan terbesar dari sudut pandang fisika fundamental untuk material organik. 

Paper ini membahas mengenai pembuatan light-emitting transistor berbahan kristal tunggal organik. Dengan light-emitting transistor, fungsi sumber cahaya dari sebuah lampu dan fungsi "switching" dari sebuah transistor dikombinasikan dalam satu kesatuan devais yang sangat mungil. Di sisi lain, devais ini adalah yang paling prospektif untuk merealisasikan OSL yang dipompa secara elektronik, karena kemampuannya untuk mengalirkan arus yang sangat besar. Pada paper ini, dijelaskan upaya untuk menurunkan energi ambang untuk terjadinya laser pada struktur devais tersebut, dengan cara memanfaatkan sifat unik dari kristal tunggal organik yang digunakan. Dengan mengoperasikan light-emitting transistor tersebut, didapatkan sifat-sifat yang mendekati gejala laser dari cahaya yang dipancarkan. Walaupun masih ada verifikasi lanjutan yang harus dilakukan, devais ini telah menunjukkan lompatan yang sangat jauh untuk mendekati direalisasikan OSL yang bisa dipompa secara elektrik, yang di masa datang bisa berperan penting dalam teknologi informasi, elektronik, dan komunikasi optik.

Link paper:

http://www.nature.com/srep/2012/121217/srep00985/full/srep00985.html


You are here: