Warning: Creating default object from empty value in /home/guru1000/public_html/baru/plugins/system/jat3/core/joomla/modulehelper.php on line 320
Jumat Petang di Auckland

Jumat Petang di Auckland

  • PDF

Auckland, New Zealand, 15 Februari 2013.

Lingkar Diskusi Indonesia PMPI (Paguyuban Mahasiswa Pascasarjana Indonesia) mengangkat topik 1000guru untuk Indonesia. Lingkar DIskusi Indonesia merupakan agenda yang direncanakan rutin oleh teman-teman PMPI. Dan kegiatan yang berlangsung kali itu adalah seri ketiga yang berhasil diselenggarakan. Dalam diskusi ini, PMPI juga melibatkan teman-teman PPI-A (Perhimpunan Pelajar Indonesia-Auckland).

Yang istimewa dari LDI bersama 1000guru adalah kehadiran narasumber, penanggung jawab kegiatan 1000guru, yaitu Miftakhul Huda, dan kerja sama siaran perdana antara 1000guru dan Radio PPI Dunia melalui live-streaming. Miftakhul Huda bertandang ke Auckland dalam rangka presentasi di Sixth International Conference Advanced Materials and Nanotechnology (AMN 6th) di kampus University of Auckland, 11-15 Februari 2013. Miftakhul Huda saat ini menempuh studi doktoral bidang nanoteknologi di Gunma University, Jepang.

Kegiatan ini didukung oleh PMPI dan PPI Auckland dan bertempat di salah satu ruangan City Campus serta dihadiri oleh teman-teman mahasiswa serta beberapa orang Indonesia yang berdiam di Auckland. Siaran langsung didukung oleh teman-teman Radio PPI Dunia dengan penyiar (DJ) Norman yang berada di Melbourne, Australia. Diskusi dipandu oleh Ketua PMPI Auckland, Alfian Syam, mahasiswa doktoral tingkat akhir dari bidang Urban Planning di University of Auckland.

Dalam presentasinya, Miftakhul Huda menyampaikan sekilas kisah terbentuknya jaringan 1000guru, tantangan yang dihadapi, kegiatan yang telah dilakukan seperti video pembelajaran, telekonferensi, diskusi langsung bersama guru dan siswa di tanah air, serta majalah online. Testimoni tentang pelaksanaan telekonferensi juga sempat disampaikan oleh Triyoga Dharmautami, relawan 1000guru yang menempuh studi bidang pendidikan di University of Auckland. Testimoni tersebut seputar beberapa telekonferensi yang pernah diselenggarakan di SMAN 12 Gunungpati Semarang dan di kampus Universitas Negeri Semarang. Sejumlah guru relawan yang terlibat pada saat itu tengah berada di luar negeri antara lain di Kyushu Jepang, Daejon Korea Selatan, Leipzig Jerman, hingga pembicara tamu dari Seattle USA.

Tanggapan hangat disampaikan oleh sejumlah penanya dari ruang diskusi maupun dari penyimak Radio PPI Dunia. Beberapa di antaranya mengungkapkan kondisi-kondisi sekolah di sejumlah wilayah pelosok tanah air, seperti Pulau Buru dan Papua, yang mengarah pada kesempatan kerja sama antara pihak 1000guru dengan beberapa pihak yang dapat dikontak. Sementara itu, teman-teman yang menyimak dari Radio PPI Dunia juga ada yang bertanya seputar isu pendidikan di Indonesia, seperti kasus suap untuk menjadi guru, pendidikan budi pekerti dan UAN.  

Video dapat dilihat di link berikut:

http://www.youtube.com/watch?v=KXWmeWSPKrg

You are here: