Logo1000Guru
line decor
  - Best viewed in Firefox
line decor




Majalah 1000guru
PERKULIAHAN
TENTANG KAMI

mail to:
web-admin
 
 
 
 
 
 

Logo

 

Siapakah 1000Guru?

Gerakan 1000guru adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bersifat non-profit, non-partisan, independen, dan terbuka. Spirit dari lembaga ini adalah “gerakan” atau “tindakan” bahwa semua orang bisa menjadi guru dan berkontribusi untuk meningkatkan level pendidikan di Indonesia.
Gerakan 1000guru ingin menjawab salah satu permasalahan mendasar dari pendidikan dasar-menengah di Indonesia yaitu "kekurangan guru", baik dari sisi kuantitias, kualitas, maupun penyebaran, dengan memanfaatkan kelimpahan sumber daya manusia yang tersebar di bidang-bidang non-pendidikan dasar-menengah dan yang tersebar di seluruh penjuru planet.
Gerakan 1000guru juga ingin menyambung kembali tali ikatan kultural antara dunia pendidikan dan masyarakat, seperti di masa lalu ketika pendidikan masih berlangsung di lingkup keluarga. Pendidikan adalah satu-satunya aset yang tidak dimiliki oleh makhluk selain manusia, yang sudah terbukti dan akan terus menjadi motor yang memperpanjang nyawa peradaban manusia. Oleh karena itu, pendidikan adalah tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

  Kumpulan Artikel      
 
«prev 1-8 | 9-16 | 17-24 | 25-27 next» last»     

09.02.2011
Arsitek Molekul Kompleks
 

Berbicara mengenai unsur-unsur golongan transisi memang sangat mengasyikkan. Terutama unsur transisi yang dikelompokkan sebagai blokd di dalam sistem periodik unsur mempunyai banyak sekali keistimewaan apabila ditelaah dari konfigurasi elektronnya. Berdasarkan konfigurasi elektron ini bisa dipelajari juga sifat fisisnya, antara lain tren dalam panjang diameter atomnya, standar entalpi maupun potensial reduksi, sifat magnetnya, dan penampakannya yang berwarna-warni.

Pertama-tama, mari kita pelajari mengapa unsur-unsur transisi ini menunjukkan warna warni yang sangat menarik. Unsur transisi blok-d memiliki orbital 3d yang masih kosong atau yang baru yang diisi sebagian oleh elektron, sehingga memungkinkan transisi elektron dari satu orbital ke orbital lainnya. Inilah yang menyebabkan mereka berwarna-warni. Pada gambar larutan ion beberapa unsur transisi di atas, kita bisa lihat warna Co2+ ungu kemerahan, Ni2+ hijau, Cu2+ biru, dan Zn2+ bening. Kita coba uraikan pengisian orbital untuk Co2+ dan Zn2+ yang warnanya kontras satu sama lain.

[selengkapnya]
 
08.02.2011
STOP BULLYING! Now and Forever...
 
"Ah, kamu memang sudah dasarnya tidak mengerti, ya, mau belajar sehari sepuluh kalipun, tidak mungkin jadi mengerti!"
"Aku lempar ya pakai sepatu kalau kamu tidak mengembalikannya sekarang."

Kita acapkali (atau bahkan sering?) mengucapkan kata-kata seperti contoh di atas. Kata-kata itu meluncur begitu saja dari mulut kita bahkan kadang disertai gerakan fisik tertentu yang menunjukan "ancaman" serta menakuti-nakuti, bahkan dimaksudkan untuk memberikan tekanan secara psikologis pada pihak lain. Ekspresi itu muncul ketika menghadapi suatu situasi yang menekan, sehingga kita menjadi tidak nyaman secara fisik, pikiran, maupun perasaan. Ekspresi tersebut bukan hanya disebut sebagai umpatan, tetapi sudah dikategorikan sebagai bullying (arti harfiahnya: penindasan). Bullying merupakan suatu bentuk ekpresi, aksi bahkan perilaku kekerasan. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberi pengertian bullying sebagai "kekerasan fisik dan psikologis berjangka panjang yang dilakukan seseorang atau kelompok terhadap seseorang yang tidak mampu mempertahankan diri dalam situasi di mana ada hasrat untuk melukai atau menakuti orang atau membuat orang tertekan, trauma/depresi dan tidak berdaya."

[selengkapnya]
 
01.02.2011
Negara kaya dan negara miskin, bagaimana mengukurnya?
 

Apa yang membuat suatu negara dianggap lebih makmur dari sebelumnya atau dari negara lain? Mengapa Jepang dianggap sebagai keajaiban ekonomi? Atau mengapa akhir-akhir ini turis dari dari China makin banyak ditemui di mana-mana? Pertanyaan-pertanyaan itu terkait dengan sebuah kata yang akan kita bahas di sini, GDP. Suatu negara dapat dinilai lebih makmur dari sebelumnya atau dari negara lain antara lain jika nilai GDP-nya per penduduknya naik dari sebelumnya atau lebih tinggi dibandingkan dengan negara pembanding. Jepang dianggap sebagai keajaiban ekonomi karena sejak masa setelah perang berhasil menggandakan GDPnya hampir 75 kali dalam 30 tahun (dari 14,2 pada 1951 menjadi 1040,1 milyar dolar AS pada 1980). Sedangkan GDP China rata-rata naik sekitar 10% dalam 30 tahun terakhir ini.

GDP, singkatan dari Gross Domestic Product, yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Produk Domestik Bruto atau PDB, adalah salah satu ukuran kinerja ekonomi sebuah negara. Mengapa suatu negara perlu mengetahui GDP-nya? [selengkapnya]

 
29.01.2011
Belajar dari Jepang: Matsuri
 

Ketika mendengar kata Jepang, apa yang biasanya terlintas dalam benak kita? Sebagian besar orang akan menjawab teknologi, sepeda motor, sushi, kimono, atau komik. Semua benar karena memang banyak produk buatan Jepang yang beredar di Indonesia. Namun, di atas semua itu, pernahkah terbersit keingintahuan tentang seperti budaya Jepang saat ini? Kita sering mendengar bahwa Jepang adalah bangsa yang berbudaya dan berdisiplin tinggi sehingga bisa maju pesat seperti sekarang ini. Namun, apakah hal tersebut benar adanya dan terpelihara hingga sekarang? Dalam tulisan ini, penulis ingin berbagi pengalaman tentang budaya Jepang yang dilihat sehari-hari selama tinggal di Jepang.

Salah satu poin dalam kebudayaan Jepang yang akan dibicarakan di sini adalah matsuri, yang dapat diterjemahkan menjadi festival.

[selengkapnya]
 
29.01.2011
Informasi genetik manusia: Buku kehidupan kita
  Setiap manusia dilahirkan sama, namun memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Bentuk dan karakter manusia telah ditentukan sejak proses pembentukannya. Kita bayangkan bahwa sejak lahir manusia membawa buku kehidupan. Buku tersebut terdiri dari 2 jilid, dari gen ayah dan ibu. Masing-masing jilid terdiri dari 23 bab, atau di dalam tubuh dikenal sebagai kromosom. Seperti buku, masing-masing bab berbeda-beda, ada yang tebal dan ada yang tipis. Ada kromosom yang memiliki ribuan informasi genetik, sedangkan kromosom yang lain memiliki ratusan informasi genetik. Kalimat di dalam bab buku diibaratkan sebagai DNA (Deoxyribonucleotide Acid), yang hanya memiliki 4 huruf atau basa nitrogen yakni A (Adenin), T (Thymine), G (Guanine) dan C (Cytosine). Huruf-huruf tersebut tersusun berulang dalam ribuan kombinasi. Rangkaiandari DNA yang memiliki kemampuan untuk membentuk protein dikenal sebagai gen. Protein ini selanjutnya akan menjadi berbagai komponen yang akan membentuk tubuh manusia.[selengkapnya]
 
28.01.2011
Kualitas pangan
 

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering membicarakan masalah mutu. Sering diantara kita beranggapan bahwa sebagian besar mutu produk buatan luar negeri lebih baik daripada produk dalam negeri. Atau secara tidak sadar kita sering berkomentar wah payah barang/pakaian/makanan atau apa saja produk hasil manusia kita katakan tidak bermutu.

Pertanyaan mendasarnya adalah, "Apa sesungguhnya mutu itu?" Pertanyaan ini memiliki banyak jawaban karena maknanya akan berlainan bagi setiap orang dan tergantung pada konteksnya. Selain itu, mutu sendiri memiliki banyak kriteria yang berubah terus menerus.

[selengkapnya]
 
27.01.2011
FUEL CELL, Teknologi bersih yang menjanjikan
  Sel bahan bakar (fuel cell) merupakan sel elektrokimia yang mampu mengkonversi bahan bakar (fuel) menjadi energi listrik. Sel ini dapat digunakan sebagai pembangkit listrik skala besar, maupun skala kecil, misalnya untuk keperluan rumah tangga, atau biasa disebut dengan microCHP (micro Combined Heat and Power) yang mampu menyediakan kebutuhan listrik dan panas bagi rumah tangga. Fuel cell juga dapat digunakan dalam bidang otomotif. Bahkan Brazil telah melakukan uji coba prototipe bus fuel cell pada tahun 2009, yang bahan bakarnya, yaitu hydrogen, diproduksi dari elektrolisis air pada suatu stasiun produksi gas hidrogen. Pada tahun 2003, Honda juga telah meluncurkan mobil berbahan bakar hidrogen dengan menerapkan teknologi fuel (Honda FCX). DeimlerChrysler di Eropa bahkan telah meluncurkan proyek Sarana Transportasi Kota yang bersih untuk Eropa (CUTE = Clean Urban Transport for Europa) akhir tahun 2001 berupa sejumlah bus berbahan fuel cell yang beroperasi di Amsterdam, Barcelona, Hamburg, London, Luxemburg, Madrid, dan Reykjavik (Islandia). [selengkapnya]
 
26.01.2011
Secuil tentang alam
  Salah satu pertanyaan yang ingin dijawab oleh para fisikawan adalah:
Apa "batu bata" penyusun berbagai macam zat-zat di alam semesta?

Para filsuf pada jaman itu masih beranggapan bahwa semua zat dapat dibagi terus-menerus hingga sekecil-kecilnya. Konsep bahwa ada zarah yang paling kecil dan tidak dapat dibagi-bagi lagi, muncul sejak abad ke-6 sebelum Masehi di India oleh Nyaya dan Vaisheshika, lalu oleh Democritus dari Yunani. Democritus menyebutnya sebagai atomos.

Berkat kontribusi dari kimiawan-kimiawan sejak abad ke-17 seperti Robert Boyle, Antoine Lavoisier, John Dalton, Mendeleev, dll. manusia mulai mengenal beberapa atom dan punya tabel periodik:

[selengkapnya]
 

 

last updated articles: 14.11.2017-10:57:13 WIB