Logo1000Guru
line decor
  - Best viewed in Firefox
line decor




Majalah 1000guru
PERKULIAHAN
TENTANG KAMI

mail to:
web-admin
 
 
 
 
 
 

Logo

 

Siapakah 1000Guru?

Gerakan 1000guru adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bersifat non-profit, non-partisan, independen, dan terbuka. Spirit dari lembaga ini adalah “gerakan” atau “tindakan” bahwa semua orang bisa menjadi guru dan berkontribusi untuk meningkatkan level pendidikan di Indonesia.
Gerakan 1000guru ingin menjawab salah satu permasalahan mendasar dari pendidikan dasar-menengah di Indonesia yaitu "kekurangan guru", baik dari sisi kuantitias, kualitas, maupun penyebaran, dengan memanfaatkan kelimpahan sumber daya manusia yang tersebar di bidang-bidang non-pendidikan dasar-menengah dan yang tersebar di seluruh penjuru planet.
Gerakan 1000guru juga ingin menyambung kembali tali ikatan kultural antara dunia pendidikan dan masyarakat, seperti di masa lalu ketika pendidikan masih berlangsung di lingkup keluarga. Pendidikan adalah satu-satunya aset yang tidak dimiliki oleh makhluk selain manusia, yang sudah terbukti dan akan terus menjadi motor yang memperpanjang nyawa peradaban manusia. Oleh karena itu, pendidikan adalah tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

  Organisasi dan Kontak      
 

“Menghubungkan setiap kota di Indonesia dengan setiap kota di dunia”

 

Pengorganisasian 1000Guru, selain terbagi dalam kelompok tugas, juga terbagi dalam kelompok daerah. Hal ini semata-mata untuk memudahkan koordinasi mengingat para relawan dan sekolah dipisahkan oleh jarak yang jauh. Selain itu, pembagian ini juga mempertimbangkan pengalaman selama simulasi.

Setiap daerah diharapkan mengelola beberapa sekolah di Indonesia. Selanjutnya, setiap kelompok daerah hendaknya dapat saling bertukar informasi tentang sekolah yang dikelolanya, termasuk informasi tentang kuliah jarak jauh, hal-hal teknis, dan kebutuhan guru relawan dan lain-lain, yang dikoordinasikan oleh pusat.

 

Koordinator Pusat

1. Koordinator utama :

2. Koordinator teleconference :

3. Koordinator Artikel :

  • Ahmad-Ridwan Tresna Nugraha (Sendai, art.nugraha at gmail dot com )
  • Agung Budiyono (Tokyo, agungby at yahoo dot com)

4. Koordinator website :

  • Miftakhul Huda (Kiryu, stunecity at yahoo dot com )
  • Ahmad-Ridwan Tresna Nugraha (Sendai, art.nugraha at gmail dot com )
  • Lutfiana Sari A (Fukuoka, lutef_nyew at yahoo dot com )

Catatan:

Mengingat dimensi tugas, satu koordinator bisa diampu oleh lebih dari dua orang. Setiap koordinator diharapkan untuk selalu mengupdate kegiatan di website dan milist.

Alamat e-mail sengaja dituliskan dalam bentuk yang tidak biasa semata-mata untuk mencegah spamming dan bukan bertujuan agar kami sulit dihubungi. Kami sangat terbuka atas segala masukan untuk memajukan 1000Guru.net.

 

back to top