Logo1000Guru
line decor
  - Best viewed in Firefox
line decor




Majalah 1000guru
PERKULIAHAN
TENTANG KAMI

mail to:
web-admin
 
 
 
 
 
 

Logo

 

Siapakah 1000Guru?

Gerakan 1000guru adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bersifat non-profit, non-partisan, independen, dan terbuka. Spirit dari lembaga ini adalah “gerakan” atau “tindakan” bahwa semua orang bisa menjadi guru dan berkontribusi untuk meningkatkan level pendidikan di Indonesia.
Gerakan 1000guru ingin menjawab salah satu permasalahan mendasar dari pendidikan dasar-menengah di Indonesia yaitu "kekurangan guru", baik dari sisi kuantitias, kualitas, maupun penyebaran, dengan memanfaatkan kelimpahan sumber daya manusia yang tersebar di bidang-bidang non-pendidikan dasar-menengah dan yang tersebar di seluruh penjuru planet.
Gerakan 1000guru juga ingin menyambung kembali tali ikatan kultural antara dunia pendidikan dan masyarakat, seperti di masa lalu ketika pendidikan masih berlangsung di lingkup keluarga. Pendidikan adalah satu-satunya aset yang tidak dimiliki oleh makhluk selain manusia, yang sudah terbukti dan akan terus menjadi motor yang memperpanjang nyawa peradaban manusia. Oleh karena itu, pendidikan adalah tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

  Sekolah 1000Guru      
 

 

 

Siapakah Sekolah 1000guru?

Sekolah 1000guru adalah semua sekolah yang setuju dengan spirit, prinsip dasar, dan tujuan gerakan 1000guru. Untuk keperluan kuliah jarak jauh, sekolah harus memiliki akses internet yang memadai. Sekolah-sekolah yang belum memiliki akses internet dapat juga berpartisipasi dengan program-program gerakan 1000guru yang lain.

 

Menjadi Sekolah 1000Guru

Langkah-langkah sekolah untuk berpartisipasi dalam program-program 1000guru:

  • Memilih seorang guru untuk menjadi perwakilan sekolah.
  • Guru perwakilan sekolah turut aktif dalam mailing list 1000guru, untuk mendiskusikan program-program 1000guru yang bisa dijalankan bersama dengan sekolah yang bersangkutan. Pada dasarnya, semua guru tak terkecuali perwakilan sekolah didorong untuk bergabung di mailing list 1000guru untuk mendiskusikan permasalahan pendidikan.

Untuk keperluan program kuliah jarak jauh (video telekonferensi), sekolah harus melakukan hal-hal berikut:

  • Mempersiapkan infrastruktur. Lihat infrastruktur yang dibutuhkan untuk konferensi jarak jauh di bagian perkuliahan.
  • Mengontak salah satu koordinator untuk mengetes infrastrutur.
  • Mencari mata kuliah yang diinginkan untuk didiskusikan di mailing list 1000guru dan dicarikan guru relawan yang sesuai.
  • Membuat jadwal perkuliahan dengan salah satu koordinator 1000guru.
  • Menyiapkan moderador dan operator di sekolah masing-masing saat perkuliahan berlangsung.
  • Membuat ringkasan, kesan, catatan, dan saran tentang perkuliahan untuk dipasang di situs 1000guru.

Untuk program supervisi karya-karya siswa lewat fasilitas mading, sekolah bisa mendorong siswa-siswanya untuk secara proaktif mengirimkan karya-karyanya.

 

 

back to top