Logo1000Guru
line decor
  - Best viewed in Firefox
line decor




Majalah 1000guru
PERKULIAHAN
TENTANG KAMI

mail to:
web-admin
 
 
 
 
 
 

Logo

 

Siapakah 1000Guru?

Gerakan 1000guru adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bersifat non-profit, non-partisan, independen, dan terbuka. Spirit dari lembaga ini adalah “gerakan” atau “tindakan” bahwa semua orang bisa menjadi guru dan berkontribusi untuk meningkatkan level pendidikan di Indonesia.
Gerakan 1000guru ingin menjawab salah satu permasalahan mendasar dari pendidikan dasar-menengah di Indonesia yaitu "kekurangan guru", baik dari sisi kuantitias, kualitas, maupun penyebaran, dengan memanfaatkan kelimpahan sumber daya manusia yang tersebar di bidang-bidang non-pendidikan dasar-menengah dan yang tersebar di seluruh penjuru planet.
Gerakan 1000guru juga ingin menyambung kembali tali ikatan kultural antara dunia pendidikan dan masyarakat, seperti di masa lalu ketika pendidikan masih berlangsung di lingkup keluarga. Pendidikan adalah satu-satunya aset yang tidak dimiliki oleh makhluk selain manusia, yang sudah terbukti dan akan terus menjadi motor yang memperpanjang nyawa peradaban manusia. Oleh karena itu, pendidikan adalah tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

  Undangan Menjadi Guru Relawan Video Pendidikan      
 

Salah satu program gerakan 1000guru yang sedang kita rintis adalah membuat perpustakaan elektronik yang berisi kumpulan rekaman audio visual (video) kuliah oleh para guru relawan untuk anak-anak level sekolah dasar-menengah. Sebagai perbandingan, untuk kuliah level mahasiswa adalah MIT World yang bisa dilihat disini: http://mitworld.mit.edu/ atau disini: http://jp.youtube.com/user/mit?ob=4 . Selain utk koleksi perpustakaan, kumpulan video perkuliahan ini rencananya akan kita bagi ke daerah-daerah yang kekurangan guru, dan belum terjangkau oleh internet, karenanya tidak terjangkau oleh program kuliah jarak jauh (telekonferensi) 1000guru. Skema ini juga menjawab permasalahan bagi guru relawan yang kesulitan memberi kuliah langsung jarak jauh karena hal-hal teknis: jam lokal terpaut sehari seperti di USA dan belahan dunia lain, atau kesibukan-kesibukan lain.

Karenanya, kami dari pihak 1000guru dengan segala kerendahan hati berkeinginan mengundang rekan-rekan untuk menjadi guru relawan program video pendidikan ini. Pada prinsipnya guru relawan merekam sendiri kuliahnya. Bagi yang turun semangat setelah membaca kalimat terakhir, saya bisa yakinkan bahwa merekam ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan. Bahkan bisa jadi menyenangkan. Dibawah kami tulis cara merekam kuliah sampai level klik-friendly dengan menggunakan software yang gratis. Kuliah bisa tentang pengenalan profesi/keahlian masing-masing, pelajaran-pelajaran dasar untuk level anak SMA, kuliah motivasi, atau hal-hal lain yang dianggap berguna untuk adik-adik kita di SMA.

Sebagai contoh perkuliyahan, silahkan lihat rekaman dari salah satu tim 1000guru yang tingal di Dresden, Jerman :

 

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh guru relawan adalah:

  • Kuliah berdurasi tidak lebih dari 25 menit, attraktif (lebih banyak berisi gambar dan/atau bagan) dan dikasih tekanan untuk merangsang atau memotivasi agar siswa tergerak untuk pengen jauh lebih tahu.
  • Guru relawan hanya perlu merekam bagian isi: mulai dari perkenalan sampai isi kuliah. Bagian awal dan akhir akan ditambah oleh pihak editor dari 1000guru.
  • Guru relawan diharapkan memakai template powerpoint 1000guru yang bisa didownload disini .
  • Dimohon juga guru relawan untuk mengisi profil biodata pada file wawancara yang dapat didownload disini, dan mengirimkannya ke webmaster.

Terimakasih banyak untuk perhatiannya. Kami dari 1000guru menunggu partisipasi rekan-rekan untuk ikut membagi mimpi pada adik-adik di Indonesia dalam rangka memajukan pendidikan di Republik Indonesia tercinta.

 

Salam hangat,

Tim 1000guru.net

 

Menggunakan program Debut untuk merekam perkuliahan

Debut adalah salah satu program yang bisa digunakan untuk merekam gambar dan suara sekaligus. Para presenter cukup menyediakan webcam dan mikrofon saja. Anda juga bisa merekam layer komputer. Jadi Anda bisa menjelaskan materi pelajaran sekaligus membuka program di komputer yang Anda butuhkan dalam presentasi tersebut. Misalnya Power Point, PDF, Ebook, dll. Setelah itu Anda bisa mengedit hasil videonya dengan Movie Maker, yang merupakan program editor video bawaan Windows. Movie Maker ini 100% gratis, gunanya untuk memperhalus video. Kita pun bisa menambahkan musik, title maupun foto sesuai dengan keinginan kita. Debut bisa didownload di sini: http://www.nchsoftware.com/capture/index.html

 

Cara memakai Debut.

Cara setting Webcam dan Microfon: klik Options => Record.

  • Setting webcam: klik Video Device, cari source Webcam-nya.
  • Setting Microfon: klik Input Channel pilih Mic Volume lalu klik OK.
  • Pastikan Webcam sudah ter-install di komputer Anda. Lihat gambar di bawah ini

Debut-1

Setting Output Video: klik Options => Output kemudian pilih format video di kotak di samping Encoder Options.

Debu-2

 

Cara mengambil gambar dari Video (Webcam atau camera yang support dengan webcam).

  • klik Device maka akan muncul gambar Anda yang dihasilkan oleh webcam. Bila gambar Anda belum muncul juga, maka cek kembali setting-nya.
  • Klik Record untuk merekam gambar dan suara Anda

Debut-3

 

Cara mengambil gambar dari desktop, Power Point dll.

  • klik Screen kemudian klik record

Debut-4

Oke, sekarang Anda sudah bisa merekam gambar presentasi Anda dalam bentuk video. Silakan cek hasilnya di My Document, lalu buka folder Debut atau klik Recordings di toolbar DEBUT.

 

Mengedit Dengan Movie Maker

Hasil rekaman dari debut kemudian bisa di edit dengan menggunakan Movie Maker dari Windows. Untuk Tutorial Movie Maker dari Microsoft bisa di klik link di bawah ini: http://www.microsoft.com/windowsxp/using/moviemaker/default.mspx Tapi kami lebih menganjurkan untuk melihat tutorial pemakain Movie Maker di youtube yang salah satunya bisa lihat disini: http://www.youtube.com/watch?v=JZXK68NS7gU

 

Selamat membuat video perkuliahan anda dan kami menunggu partisipasi anda ...

 

back to top